Profil Jean Paul Gaultier Desainer Imajinatif

Profil Jean Paul Gaultier Desainer ImajinatifProfil Jean Paul Gaultier Desainer Imajinatif | Jean Paul Gaultier merupakan seorang perancang busana asal Perancis. Ia tidak hanya dikenal sebagai perancang busana, namun juga merancang kostum balet, kostum film, serta parfum.

Jean-Paul Gaultier, pria kelahiran Arcueil, Perancis, tanggal 24 April 1952 tersebut merupakan anak tunggal dari pasangan akuntan yang diharapkan menjadi seorang guru Spanyol, namun ia mendapat pengaruh besar dari neneknya untuk kemudian akhirnya menerjuni karier sebagai perancang mode. Neneknya yang mendorongnya untuk belajar merancang dan membuat sketsa.

Di sekolah pun, Jean Paul Gaultier mengetahui bakatnya setelah menerima hukuman dari gurunya karena menggambar gadis penari, Folies Bergere yang membuatnya harus berjalan mengelilingi sekolah dengan gambar tersebut ditempel di punggungnya.

Hukuman tersebutlah yang membuatnya semakin menyadari bakatnya dalam membuat pertunjukan/pameran. Gaultier bahkan sering membolos dari sekolah untuk menggambar koleksi mode untuk dikirimkan ke berbagai rumah mode, hingga akhirnya di tahun 1970, ia menjadi asisten dari perancang Pierre Cardin, yang kemudian beralih bekerja pada Jacques Esterel yang dominan memengaruhi aliran desain rancangannya.

Di tahun 1974, Jean Paul Gaultier memutuskan kembali bekerja pada Pierre Cardin, hingga dia dikirim ke Manila. Karya-karyanya diterima dengan baik dan menjadi sangat terkenal, namun kemudian ia memutuskan kembali ke Perancis ketika neneknya meninggal dunia.

Jean Paul Gaultier meluncurkan koleksi mode miliknya sendiri di Tahun 1976 hingga terkenal sebagai pertunjukkan "anak nakal" dalam dunia mode Perancis. Rancangan busananya sangat imajinatif dan unik untuk berbagai kalangan, mulai dari wanita karier, anak-anak, mahasiswa, hingga kaum homoseksual.

Gaultier mengalami tantangan yang berat dalam hidupnya di Tahun 1980, terutama karena kematian kekasih homoseksual sekaligus rekan kerjanya selama 15 tahun, Francis Menuge. Gaultier banyak menghabiskan hidupnya di Paris, tempat kantornya berpusat, dan juga di Italia, tempat karya-karyanya diproduksi.

Gaultier juga terkenal sebagai orang yang berada di balik perubahan besar Madonna, dari seorang gadis punk East Village menjadi perempuan dengan selera fashion yang tinggi. Dia merancang korset dan berbagai kostum panggung untuk Madonna yang membuatnya semakin terkenal.

Gaultier pun merancang kostum panggung untuk para selebriti terkenal lainnya seperti Marilyn Manson, Leslie Cheung, Kylie Minogue, dan Mylène Farmer.

Karya-karya Jean Paul Gaultier yang imajinatif, mengejutkan, aneh, dan inspiratif sering digunakan oleh para selebriti untuk hadir dalam berbagai judul film dan musik.

Karya Jean Paul Gaultier yang sangat terkenal salah satunya adalah pameran rok yang dirancang khusus untuk pria di Museum Seni Metropolitan New York (New York Metropolitan Museum of Art) yang bertema "Bravehearts - Men in Skirts".

Jean Paul Gaultier juga merancang kostum untuk beberapa film yang menyabet penghargaan yaitu The Cook, The Thief, His Wife, and Her Lover (1989), Pedro Almodovar's Kika (1994), Luc Besson's The Fifth Element (1997), La Cite des enfants perdus (1995), dan Almodovar's La Mala educacion (2004).

Selain itu Jean Paul Gaultier pun banyak menerima penghargaan, yaitu:

Nominasi desainer terbaik film The Cook, The Thief, His Wife, and Her Lover dalam Penghargaan Film Eropa (European Film Awards) tahun 1990.

Nominasi kostum terbaik untuk film La Cite des enfants perdus (1995) dan The Fifth Element (1997) dalam Cesar Awards, Perancis tahun 1996 dan 1998.

Jean Paul Gaultier pun meraih Fashion Oscar award, Paris tahun 1987. Ia juga memenangkan AmfAR Inspiration Award pertama untuk kontribusinya dalam dunia mode pakaian pria serta kegiatannya dalam memerangi AIDS. Baca juga Jersey Barcelona 2013 Terbaru. Enjoy Fashion!
 

Copyright © 2012 Seputar Fashion Terbaru | Powered by Blogger